Social Icons

.

Friday, August 22, 2014

WISATA ALAM PULAU LOMBOK

Gili air- Gili Meno- Gili Trawangan

Lokasi wisata alam 3 Gili ini terletak disebelah utara laut kota Mataram, kabupaten Lombok Utara. Jarak yang ditempuh sekitar 1 Jam menuju pelabuhan Bangsal. Ada 2 jalur yang dapat ditempuh yaitu dari jalan raya senggigi dan dari jalan pusuk (bukit). Bila anda melewati jalan raya senggigi anda akan melihat pemandangan pantai disekitar anda pantai-pantai tersebut juga sangat cocok untuk anda yang hobi dalam berfoto , dan sangat bagus juga untuk mengambil gambar sunset. Dan bila anda melewati jalan raya pusuk anda akan menikmati pemandangan bukit bukit disekitar anda. Setelah sampai pelabuhan Bangsal yaitu tempat penyeberangan 3 Gili ini anda tinggal memilih transportasi yang telah disediakan yaitu speed boat dan boat public.


Gili air
Gili air adalah pulau yang terdekat dari pelabuhan Bangsal, jarak yang ditempuh sekitar 25 menit. Pulau seluas 170 hektar ini menawarkan beberapa spot diving dan snorkeling yang menawan. Keindahan alam bawah laut yang mempesona dapat anda nikmati dengan puas, karena pemandangannya yang masih asli dan alami. Dipulau ini transport yang tersedia cidomo dan sepeda. Karena dipulau ini bebas polusi, jadi tidak ada kendaraan bermotor. Pulau gili air juga sangat cocok dijadikan tempat bulan madu, karena daerahnya masih sepi namun sangat nyaman untuk dijadikan tempat berwisata.
Gili Meno
LOKASI PENANGKARAN PENYU
Gili meno adalah urutan kedua yang terdekat dari penyeberangan pelabuhan bangsal, jarak yang ditempuh sekitar 35 menit. Gili meno mempunyai ketenangan yang eksotis seperti gili-gili lainnya digili meno anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut yang tak kalah eksotis. Disediakan snorkeling dan diving  untuk menikmati wisata alam laut. Wisata lainnya disediakan wisata danau air asin dan Bird Park Homestay. Wiasata danau air asin adalah wisata mengunjungi danau yang dikelilingi oleh hutan bakau yang menjadi sarang berbagai macam jenis burung jika anda kurang puas dengan kicauan burung-burung yang ada didanau ini, anda bisa mengunjungi Bird Park, karena diBird park anda tidak hanya bisa melihat burung-burung saja, tetapi juga dapat menyentuh langsung burung-burung tersebut dengan seizin petugas taman.
Gili Trawangan
Gili Trawangan adalah pulau urutan ketiga yang terdekat dari pelabuhan Bangsal, jarak yang ditempuh sekitar 45 menit. Gili Trawangan merupakan Gili terbesar diantara 2 Gili tetangganya yakni Gili air dan Gili Meno. Gili Trawangan mempunyai jumlah wisatawan asing yang teramai, karena di Gili tersebut mempunyai berbagai tempat hiburan seperti café-café dan club. Aktivitas snorkeling dan diving juga anda dapat lakukan seperti di 2 Gili tetangga. Tidak jauh dari pelabuhan gili Trawangan terdapat area konserfasi  Penyu, yaitu berupa penangkaran anak-anak penyu yang dibesarkan, dan kemudian setelah dewasa penyu-penyu tersebut dilepas kelaut, sehingga cukup menarik perhatian para wisatawan.


 

Gili Nanggu
Pulau pertama yang akan dituju dalam paket wisata 4 Gili ini. Perjalanan dari pelabuhan Tawun menuju Gili Nanggu akan memberikan pemandangan yang sangat indah bagi para peserta tour dan wisatawan. Air laut yang jernih dan pemandangan bawah laut yang sangat indah dapat dinikmati sepanjang perjalanan menuju Gili Nanggu. Wisatawan yang datang ke Gili Nanggu dapat berenang dan snorkeling dengan leluasa karena pantai Gili Nanggu sangat landai. Setelah puas menikmati keindahan Gili Nanggu,
Gili Tangkong
Gili Tangkong adalah tujuan berikutnya. Letak Gili Tangkong tidak jauh dari Gili Nanggu. Keindahan yang dimiliki oleh Gili Tangkong tidak kalah eksotis. Kekayaan biota laut yang sangat indah, pasir putih, dan air laut yang jernih, yang dimiliki oleh Gili Tangkong menjadikan pulau ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi oleh mereka yang menyukai kegiatan snorkeling atau diving. Keindahan biota alam bawah laut yang terdapat di sekeliling pulau ini dapat dinikmati oleh para wisatawan. Setelah puas menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan bawah laut Gili Tangkong, makan siang yang lezat dapat dinikmati sambil mengagumi keindahan pantai Gili Tangkong dan ditemani semilir angin pantai yang wangi. Setelah Gili Tangkong, perjalanan di lanjutkan ke Gili Sudak adalah pulau ketiga yang akan dikunjungi dalam wisata satu hari 4 gili.
Gili Sudak,
wisatawan akan merasakan tempat yang sunyi dan tenang. Waktu seolah-olah berhenti di pulau ini. Gili Sudak ramai dikunjungi oleh wisatawan hanya pada waktu-waktu tertentu saja, selebihnya, pulau ini akan selalu menawarkan ketenangan dan kesunyian. Bagi mereka yang ingin merasakan berada di sebuah pulau milik pribadi, maka pilihan untuk mengunjungi Gili Sudak adalah pilihan yang sangat tepat. Meski Gili Sudak akan membuat wisatawan yang menyukai ketenangan tidak akan mau beranjak dari pulau itu, namun keindahan Gili Kedis telah menanti untuk disambangi.
Gili Kedis
pulau terakhir yang akan dikunjungi dalam rangkaian mengunjungi 4 Gili dalam satu hari. Ingin tahu rasanya mengelilingi satu pulau dalam waktu kurang dari satu jam? Di Gili Kedis-lah rasa itu bisa didapatkan.






WISATA BUDAYA KHAS PULAU LOMBOK

Sade
Dusun sade terletak dikecamatan pujut kabupaten Lombok Tengah, berjarak 30 km dari Kota Mataram. Sade merupakan sebuah dusun yang sangat tradisional dan  natural. Rumah-rumah masyarakat didusun ini terbuat dari bambu yang dikombinasikan juga dengan kayu-kayu, atapnya menggunakan jerami. Interior rumahnya terdiri dari 2 ruang, yakni ruang bagian depan dan ruang bagian belakang yang tingginya lebih tinggi 2 anak tangga. Didalam rumah tradisional sade terdapat 2 tungku untuk memasak yang terbuat dari tanah liat dan menyatu dengan lantai. Masyarakat sade masih memasak dengan kayu bakar. Selain itu rumah ini juga terdiri dari ruang tidur. Uniknya warga desa tersbut mempunyai kebiasaaan khas, yaitu mengepel lantai dengan dengan kotoran kerbau. Konon dengan cara ini lantai rumah dipercaya akan lebih hangat dan dijauhi oleh nyamuk, tetapi lantai-lantai dirumah tersebut tidak menyisakan bekas kotoran dan bau yang tercium.

Kerajinan-kerajinan khas Lombok
Di Lombok ada Berbagai macam kerajinan-kerajinan khas yang dapat anda temukan diantaranya adalah mutiara air laut, kain tenun, sasambo, kain sesekan, mabel cukle, lukisan, gerabah, kain songket, dan lain-lain.

Furniture Cukli
Furniture Cukli

Produk Aneka Mutiara Khas Pulau Lombok
Produk Aneka Mutiara Khas Pulau Lombok

Produk Aneka Mutiara Khas Pulau Lombok

Produk Aneka Tenun Khas Pulau Lombok

Produk Aneka Tenun Khas Pulau Lombok


Produk Aneka Lukisan Khas Pulau Lombok

Produk Aneka Lukisan Khas Pulau Lombok

Produk Aneka Lukisan Khas Pulau Lombok

Produk Aneka Lukisan Khas Pulau Lombok

Produk Aneka Kerajinan Tangan Wayang Khas Pulau Lombok
Produk Aneka Tenun Khas Pulau Lombok


Produk Aneka Kerajinan (Hiasan Dinding) Khas Pulau Lombok


Produk Aneka Kerajinan (Hiasan Dinding) Khas Pulau Lombok

Produk Aneka Kerajinan (Hiasan Dinding) Khas Pulau Lombok

Produk Aneka Kerajinan (Hiasan Dinding) Khas Pulau Lombok




No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates